Selasa, 04 September 2012

BERENANG BAGI ANAK


Manfaat Berenang untuk Anak 


Hasil penelitian di Melbourne, Australia, menunjukkan, secara statistik IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang anak-anak yang tak diajarkan berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Anak-anak tersebut diukur IQ-nya ketika mereka berusia 10 tahun.

Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional, dan sosialnya pun lebih baik. Gerakan-gerakan ketika berenang bisa membantu melatih kaki & tangan serta sistem pernafasan anak. Anak tak hanya tumbuh lebih bugar dan kuat, namun juga membantu anak untuk lebih bernafsu makan dan lebih nyenyak tidur. Melalui renang, bayi juga bisa belajar life-skill, termasuk kemampuan untuk bertahan dan menjaga diri. Selain itu, bermain air akan membuat anak-anak gembira. Tak hanya bermanfaat untuk bayi, berenang juga bisa meningkatkan bonding antara orangtua-anak.






Kapan Anak Mulai Belajar Berenang


Ada dua pandangan mengenai usia paling tepat mengajak anak berenang.

Pandangan pertama dari para responden survei Water Babies, mengatakan anak-anak sebaiknya mulai belajar beranang mulai usia tiga bulan. Namun faktanya, anak-anak bisa belajar berenang lebih dini lagi."Bayi usia dua hari pernah belajar berenang bersama kami. Tahun pertama kehidupan bayi sangat krusial terutama dalam perkembangannya. Olahraga rutin turut punya andil besar dalam mendukung tumbuh kembangnya. Air memungkinkan otot bayi bergerak bebas. Latihan di air, cocok untuk anak-anak," tandas Paul Thompson (salah satu pendiri Water Babies).

Pandangan lain menyebutkan saat terbaik adalah ketika bayi berusia 6-12 bulan. Saat bayi kepalanya sudah tegak bila ia digendong dalam posisi duduk dan umumnya sudah mulai dikenalkan mandi air biasa (bukan air hangat).

Menurut Rita Goldbergs, mantan perenang nasional Inggris dan seorang pelatih, kunci untuk melatih anak berenang adalah dilakukan dengan lembut, menyenangkan dan tanpa trauma. Ide kuno yang menceburkan anak langsung ke dalam kolam meski anak belum punya kemampuan berenang menurut Rita tidak disarankan. Ia berpendapat hal itu akan membuat anak menjadi trauma dan takut pada air. Selain itu insting alami anak pada air juga tidak akan muncul jika anak dipaksa berenang.



( sumber: telegraph.co.uk, The Daily Mail, NAKITA,   femalefirst.co.uk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar